Wajib Tahu, Cara Riset Keyword Blogger Pemula

Posting Komentar
Cara riset keyword, tujuan riset keyword, fungsi riset keyword, manfaat riset keyword, tutorial riset keyword, ubbersugest, google trends, keyword seo

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan saat membangun blog atau website adalah riset keyword / riset kata kunci.

Masalahnya? Riset kata kunci seringkali membuat bingung, terutama bagi rekan-rekan yang masih awam tentang SEO.

Nah disini saya coba tuliskan cara riset keyword selengkap mungkin. Saya coba susun dengan bahasa dan struktur yang mudah dipahami. Tentunya sesuai dengan kemampuan menulis saya aja ya.

Setelah membaca tutorial ini, harapan saya paling tidak anda menguasai cara riset kata kunci dasar, dan memanfaatkannya untuk kepentingan blog ataupun bisnis anda ntar.

OK, kita langsung aja ke Daftar Isi materi:


Riset Keyword

Kata kunci atau keyword adalah kata – kata yang dipakai saat mencari di Google, Bing, Yahoo, atau Youtube. Jika digabungkan dengan kata riset, riset keyword berarti meneliti kata – kata yang diketik orang ketika menelusuri sesuatu di mesin pencarian. Riset keyword dalam dunia blog sangat penting. Dengan meriset kata kunci, kamu bisa tahu apa yang akan dicari orang – orang nantinya.

Tujuan Riset Keyword Blog

Tujuan riset keyword yang paling utama adalah untuk mengetahui topik apa saja yang dicari orang di Google (mesin pencari) yang berhubungan dengan blog atau bisnis anda.

Dengan melakukan riset, anda bisa mengetahui; keyword/kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis, atau tema dari blog anda.

Berikut adalah tujuan riset keyword blog.

1. Mendapatkan Ide Baru

Ketika kita meriset kata kunci, maka akan banyak kumpulan hasil keyword. Saya yakin bahwa kamu tidak mengetahui tentang kata kunci yang dihasilkan dari riset keyword. Riset keyword sering memberikan hasil yang tidak kita pikirkan.

2. SEO

Riset kata kunci ada hubungannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Cara kerjanya ketika kamu bisa mendapatkan satu keyword, lalu mengoptimalkan kata kunci tersebut. Nantinya kamu akan banyak kunjungan karena artikel keyword tersebut. SEO Google akan menempatkan artikel mu dalam page one Google.

Cara Riset Keyword

Sebenarnya masih banyak blogger yang tidak tahu tentang cara riset keyword blog. Kadang saya dapet message tentang riset kata kunci. Saya akan jelaskan cara riset keyword blog yang baik dan benar. Berikut adalah cara riset kata kunci di blog.

Riset kata kunci menggunakan ubersuggest. Ubersuggest adalah penyedia keyword research terbaik dan gratis.

1. Menentukan Kata Kunci

Kamu buka ubersuggest.com di browser. Nanti akan muncul tampilan seperti di atas. Ketik kata kunci yang kamu target, misalnya saya memilih “cara riset keyword”. Tentukan negara pencarian, kalau saya memilih Indonesia.

2. Menganalisis Kata Kunci

Sekarang kita berada menu hasil riset pencarian. Berbagai kumpulan keyword ditampilkan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Sekarang coba lihat ke menu, ada kata Trend, Volume, CPC, PO, dan SD. Jika anda belum tahu, maka saya jelaskan.

Trend adalah statistik bedasarkan pencarian yang dilakukan selama 12 bulan. Semakin tinggi trend, maka semakin banyak pencarian. Jika trend semakin menurun, maka sebaliknya.
Volume adalah jumlah pencarian di 1 bulan terakhir. Cara kerjanya sama dengan trend.
CPC atau Click Per Cost adalah uang yang akan dibayar google jika memakai keyword tersebut.
PD atau Paid Difficulty adalah tingkat kesusahan kata kunci. Semakin besar PDnya, semakin tinggi persaingan.
SD atau SEO Difficulty adalah tingkat kesusahan SEO.

3. Keyword Turunan

Dalam ubersuggest tersedia Related. Related adalah kata kunci yang berhubungan. Nantinya kamu dapat mengetahui kata kunci terbaru untuk artikelmu. Sangat cocok bagi orang yang buntu ide.
Notress
Content Creator, Graphic Designer, UI/UX Designer.

Related Posts

Posting Komentar